Monday, September 13, 2010

D -GBemo di beberapa kota Afghanistan

Ribuan warga Afghanistan turun ke jalanraya untuk memprotes rancangan pembakaran Al Quran di Florida yang kini telah ditangguhkan.

Dalam salah satu tunjuk perasaan yang terjadi di Afghanistan Timur Laut, tiga orang tertembak ketika mereka melakukan demontrasi di sebuah pangkalan Nato.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan rancangan Pastor Terry Jones di Gainesville, Florida merupakan penghinaan terhadap Islam.

Pastor Terry Jones mengatakan dalam acara television Amerika bahwa dia sekarang tidak berniat melaksanakan rencananya.

Presiden Barack Obama telah memperingatkan bahawa tindakan itu akan mempermudah Al Qaida untuk merekrut anggota, sementara Menteri Pertahanan Robert Gates meminta pastor itu membatalkan rencananya.

Berbagai demonstrasi di Afghanistan terjadi setelah solat aidilfitri semalam.

Para demonstran telah membakar bendera Amerika dan meneriakkan "Mampus lah ummat Kristen".

Di berbagai tempat

Di ibukota provinsi Badakhshan, Faizabad, menurut Ketua Polis tempatan sekitar 1500 turun ke jalanraya untuk melakukan protes.

Protes yang lebih kecil juga terjadi di kota itu, dimana sekitar 150 orang melemparkan batu dan berusaha memanjat dinding sebuah tempat kemudahan Nato yang dijaga tentera Jerman.

Ketua Polis, Faizabad mengatakan penjaga keamanan swasta telah menembak para demonstran sehingga mencederakan tiga orang.

Demonstrasi juga terjadi di ibukota provinsi Nimruz, Zaranj; di provinsi Kunar; di provinsi Nangarhar; dan provinsi Parwan di utara Kabul.

Demonstrasi dilaporkan juga terjadi di provinsi Baghlan, Kunduz dan Balkh.

Afghanistan mempunyai 34 propinsi. Kabul juga dilanda berbagai demontrasi sepanjang minggu ini.

Ketika menyampaikan kutbah Idul Fitri, Presiden Karzai mengatakan: "Kita mendengar bahwa di Amerika ada pendeta yang berniat menghina Al Quran. Meski sekarang tindakan itu tidak jadi dilakukan, kami katakan kepada mereka bahwa seharusnya mereka sama sekali jangan berfikir untuk melakukan hal itu."

"Mereka tidak akan mencederai Al Quran dengan membakarnya. Al Quran berada di hati sanubari satu setengah billion orang. Penghinaan terhadap Al Quran merupakan penghinaan terhadap berbagai bangsa." -GB

1 comment:
Write comments
  1. sebelum bertindak baca dulu alquran apakah isi kandungan nya itu...tindakan terry jones adalah memalukan dirinya sendiri...

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.