Sunday, June 26, 2011

Review SDExplorer Base ver.3.0

Bagi pengguna Windows Live, secara otomatis Microsoft menyediakan sebuah layanan penyimpanan data secara online dengan nama SkyDrive.

Ya, SkyDrive sendiri memang khusus dibuat oleh Microsoft guna memenuhi kebutuhan pengguna dengan menawarkan kapasitas hingga 25 GB. Fasilitas ini gratis dan hanya membutuhkan registrasi standar layaknya membuat email baru.

Hanya saja SkyDrive berbasis web. Browser harus dalam keadaan terbuka saat Anda mengaksesnya. Ada cara yang lebih praktis dalam mengakses SkyDrive, yaitu menggunakan aplikasi tambahan SkyDrive Explorer (SDExplorer) Base. Sesuai namanya, Anda akan dimudahkan mengakses SkyDrive seperti layaknya virtual drive yang bisa diakses melalui jendela Explorer.

Setelah menginstal SDExplorer, Anda akan mendapati link pada folder My Computer. Setelah melakukan login, Anda langsung diarahkan ke media penyimpanan online tersebut. Isi folder secara default terdiri dari My Documents, Public, Favorites, dan Shared Favorites. Anda tentu bisa menambahkan file atau folder di sini dengan cara seperti menggunakan Windows Explorer. Dari sini Anda juga bisa menyalin, menghapus, serta mengubah file atau folder secara langsung.

SDExplorer memiliki kemampuan untuk menyalin alamat URL ke dokumen bersama SkyDrive sehingga Anda dapat dengan mudah untuk membaginya ke pengguna lain agar bisa mengakses file dari alamat tersebut.

Sayangnya Anda tidak bisa langsung membuka file. Untuk membukanya mesti diunduh terlebih dahulu ke folder lokal. SDExplorer membatasi pengguna yang hanya bisa melakukan upload file dengan ukuran maksimal 50 MB sekali upload. Untuk menghilangkan keterbatasan fasilitas ini, Anda bisa menggunakan versi berbayarnya yang bertajuk SDExplorer Advanced.

SkyDrive bisa menjadi penyimpanan online alternatif. Kombinasi layanan berbasis web dan aplikasi membuat aplikasi ini menawarkan kemudahan. Kapasitas 25 GB yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. -Info Komputer

No comments:
Write comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.